Daftar Manfaat dari All Record Antigen Bagi Pemerintah, Tenaga Kesehatan, dan Masyarakat Umum

Saat ini tes antigen menjadi kebutuhan wajib apabila anda melakukan perjalanan jarak jauh. Hal tersebut memiliki peran penting untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 ke tenaga medis atau pihak lain. Niat saat ini banyak varian baru dari kopi vaksin untuk mengatasinya sudah ditemukan. Aplikasi terbaru all record antigen hadir untuk membantu tracking riwayat pelaksanaan antigen yang dilakukan petugas kesehatan.

Tahap pertama yang dilakukan pemerintah demi memperkenalkan memperkenalkan aplikasi terbaru ini dikalangan tenaga kesehatan dilakukan pelatihan di sejumlah Puskesmas. Salah satu wilayah yang menerima pelatihan tersebut adalah Kabupaten Bener Meriah. Pelatihan tersebut dilakukan di aula dinas kesehatan setempat.

Tujuan penerapan all record antigen oleh pemerintah republik Indonesia antara lain:

1. Pengendalian Covid-19

Aplikasi dari kementerian kesehatan yang diinput oleh petugas kesehatan ini diharapkan penderita di Indonesia dapat dikendalikan. Data seseorang yang diketahui telah terpapar tersebut bisa dilaporkan dengan cepat, input tersebut akan terhubung dan akan terpantau langsung pada aplikasi pedulilindungi. Hal tersebut membuat penderita Covid-19 untuk tidak dapat melakukan perjalanan jauh atau mengunjungi tempat-tempat tertentu.

Sehingga akan menekan penyebaran Covid-19 dengan cepat. Akan sangat baik jika penderita sendiri memiliki kesadaran untuk melakukan isolasi mandiri agar cepat pulih dan tidak menyebarkan virus tersebut kepada orang lain. Petugas antigen juga akan melakukan koordinasi dengan satgas Covid-19 setempat, untuk mentraking kondisi terbaru orang tersebut.

2. Menghasilkan data real time

Sistem yang digunakan pada pengembangan all record antigen oleh kementerian kesehatan adalah sitem user friendly. Sehingga tenaga kesehatan bisa dengan mudah melakukan input data. Sistem user friendly tersebut juga dipilih untuk meminimalisir kesalahan input petugas antigen. Jika data sudah terinpun secara otomatis data tersebut akan disampaikan kepada pemerintah pusat secara real time.

Dengan begitu, mereka bisa dilakukan tracking terpusat oleh pemerintah maupun satgas terkait akan kondisi dan keberadaan terkini dengan mudah dan real time melalui aplikasi ini. Pemerintah pusat juga memiliki jumlah penderita Covid-19 secara real time. Hal ini sangat penting untuk menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan.

3. Sungkronisasi data pusat dan daerah

Setiap input yang dimasukkan tenaga medis ke aplikasi laporan antigen ini, di waktu sayang sama laporan akan terkirim ke pusat. Sehingga data dari pusat dan daerah memiliki jumlah yang sama. Petugas yang melakukan input data pada aplikasi adalah mereka yang telah melakukan kontak erat atau melakukan test antigen pada mereka yang terpapar.

Dengan begitu sinkronisasi data pusat dan daerah tidak hanya melakukan tracking kepada pasien Covid-19 namun juga petugas kesehatan, karena memungkinkan terkena paparan pertama dari dari virus tersebut. 

Pelatihan pengisian aplikasi ini sendiri dilaksanakan selama satu hari penuh. Dimana para petugas kesehatan tersebut diajari bagaimana cara mengisi aplikasi tersebut dengan benar. Tidak hanya melakukan pelatihan secara teori mereka melakukan pelatihan dengan praktek langsung.

Apa yang dikasih ini sendiri bisa unduh pada Google play Store oleh pengguna smartphone, iPhone, dan windows. Tentunya akan ada proses registrasi bagi para petugas kesehatan untuk bisa menjalankan aplikasi tersebut. Latihan ini sendiri dilakukan secara bergilir oleh dinas kesehatan di seluruh wilayah Indonesia. 

Aplikasi ini sendiri dikembangkan langsung oleh pemerintah pusat di tahun 2021. Diharapkan all record antigen dapat berjalan maksimal dalam membantu tracking. Sehingga bisa membantu pemerintah untuk menekan angka penyebaran Covid-19. Pelatihan ini diisi oleh para petugas dari dinas kesehatan terkait untuk membantu petugas kesehatan memahami aplikasi ini lebih lanjut. Peserta pelatihan di kabupaten bener meriah ini sendiri terdiri dari nakes puskesmas, nakes polri, nakes TNI, nakes Azalia, dan nakes RSUD munyang.

Leave a Comment