Cara Transfer Kuota Telkomsel

Kehabisan kuota bisa menjadi sebuah masalah. Pasalnya jaringan internet saat ini menjadi jaringan komunikasi paling banyak dipakai ketimbang telepon dan juga sms. Sayangnya untuk membeli paketan, kita membutuhkan jaringan internet. Bagaimana kalau paketannya sendiri habis? Berikut ini ada 4 cara transfer kuota Telkomsel untuk membantu sementara.

Asyiknya lagi, ada beberapa cara transfer kuota Telkomsel ini yang bisa diberikan kepada provider lain seperti Indosat Ooredo dan juga Three dan juga lainnya. Dengan demikian tidak perlu takut dengan . Lalu apa saja caranya? Berikut ulasannya untuk kamu.

1. Cara Transfer Kuota Telkomsel

Via Kode USSD Flash Gift 

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk transfer kuota Telkomsel adalah dengan menggunakan kode USSD. Berikut langkahnya.

  1. Pertama buka aplikasi telpon, kemudian  ketik *363#.
  2. Selanjutnnya Pilih opsi “Combo Sakti & Lainnya” lalu pilih opsi “Paket Lainnya.”
  3. Berikutnya pilih opsi “Lainnya” hingga kamu menemukan layanan “Gift” kemudian pilih
  4. Selanjutnya kamu akan diminta memasukkan nomor telepon yang hendak dikirimkan kuota
  5. Selanjutnya, pilih “Paket Flash Gift” kemudian pilih opsi paket yang akan ditransfer
  6. Akan muncul notifikasi persetujuan dari operator melaluui SMS kemudian berikan konfirmasi

Via SMS

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan SMS. Hanya saja untuk opsi ini lebih terbatas karena kamu hanya bisa mengirimkan kuota sebanyak 100 MB dan 1000 MB atau 1 GB saja. Namun untuk membantu rekan hingga mereka bisa membeli kuota tidak masalah jumlahnya. Berikut langkahnya.

1. Buka aplikasi SMS, kemudian buat pesan baru dengan mengetik kode berikut.

Contoh: TRF (spasi) 100 (spasi) Nomor tujuan

100 merupakan besarnya kuota apabila kamu ingin mengirim sebanyak 100 MB, kamu hanya perlu merubahnya menjadi 1000 atau 1 GB bila ingin mengirim dalam jumlah yang lebih besar.

2. Kirimkan pesan ke 363.

3. Akan ada pesan SMS konfirmasi dari operator, apabila kamu belum memenuhi syarat untuk mengirimkan kuota maka akan muncul pemberitahuan yang berbeda.

4. Apabila tidak ada masalah, kamu akan mendapatkan pesan konfirmasi kemudian bisa kamu balas dengan TRF “YA” 

5. Selesai, kamu bisa mengecek kuota pada nomor penerima

Via UMB

Langkah berikutnya adalah cara transfer kuota Telkomsel melalui atau via UMB. Untuk cara ini sayangnya kamu hanya bisa lakukan ke sesama operator saja. Dan kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5000 untuk pemotongan kuota dari kuotamu. Untuk besaran kuotanya dibatasi 50 – 500 MB saja. Berikut langkahnya.

  1. Buka aplikasi telepon kemudian tekan *500*2#.
  2. Selanjutnya pilih opsi Transfer Kuota.
  3. Masukkan nomor penerima kuota kemudian isi  jumlah kuota yang hendak diberi.
  4. Akan muncul konfirmasi kemudian klik Setuju
  5. Selesai, tunggu notifikasi pemotongan kuota kamu untuk dikirimkan ke penerima

Via MyTelkomsel

Langkah berikutnya yang juga tidak kalah mudah untuk cara transfer kuota Telkomsel. Seperti namanya, kamu membutuhkan aplikasi My Telkomsel yang bisa kamu peroleh di Play Store atau AppStore terlebih dahulu. Setelah itu baru kamu bisa mengikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi MyTelkomsel kemudian klik opsi Beri Hadiah
  2. Selanjutnya pilih Transfer Kuota
  3. Masukkan nomor penerima kuota dan tentukan nominal kuota yang akan dikirim.
  4. Selesai, tunggu pesan konfirmasi dari Telkomsel dan cek apakah kuota sudah berpindah.

Untuk cara yang terakhir ini memiliki persyaratan yang kurang lebih sama dengan cara transfer kuota Telkomsel yang ketiga yakni kamu akan dipotong pulsanya kemudian besaran transfer kuota hanya 50 – 500 MB saja. Namun cara ini tergolong mudah karena aplikasi My Telkomsel cukupp mudah untuk digunakan 

Itulah beberapa cara transfer kuota Telkomsel ke rekan yang membutuhkan. Selain itu, apabila kuotamu pun sedang dalam ambang batas atau akan habis, kamu tidak akan diijinkan untuk melakukan transfer kuotanya. Oleh karena itulah, kamu bisa mengecek terlebih dahulu kuota yang kamu miliki dan hendak kamu transfer, apakah mencukupi atau tidak.

Semoga artikel tentang cara transfer kuota Telkomsel ini bisa bermanfaat terutama saat dalam kondisi emergency atau darurat. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir akan kehabisan kuota internet sehingga tidak bisa membeli paket. Selamat mencoba dan tetap aman dalam berinternet.

Leave a Comment