Cara Mengurus Ulang Ijazah Hilang Namun Masih Ada Fotokopi Ijazah

Dokumen-dokumen penting harus dijaga dengan baik, bahkan seharusnya memiliki tempat khusus untuk menyimpannya yang aman dari banjir atau hal lain yang dapat mengakibatkan kerusakan. Apabila ijazah tersebut terlanjur rusak dan hilang, pemerintah sendiri telah menetapkan cara untuk mengurus ulang ijazah hilang.

Sama seperti saat Anda berusaha mendapatkan ijazah tersebut mengurus ijazah yang telah hilang atau rusak membutuhkan waktu dan usaha. Mengingat ijazah merupakan salah satu dokumen penting yang menyatakan jika anda telah menyelesaikan suatu studi. Kegiatan resmi tidak hanya dikeluarkan oleh pihak sekolah namun memiliki izin langsung dari ristekdikti. 

Apabila anda merasa mengalami kehilangan ijazah akan sangat baik jika anda mengecek dengan teliti tempat penyimpanan barang berharga Anda tersebut. Apabila sudah tidak ditemukan, berikut langkah-langkah untuk mengurus ulang ijazah hilang atau rusak.

1. Ke Polsek setempat

Untuk dapat mengeluarkan ijazah ulang Anda harus mengurus Surat Tanda Penerimaan Laporan Kehilangan Barang/Surat-Surat. Untuk mengurus surat tersebut dibutuhkan dokumen 2 lembar fotokopi ijazah dan 2 lembar fotokopi KTP. Setelah itu Anda harus bersedia aku lakukan tanda tangan yang menyatakan jika dokumen penting berupa ijazah tersebut telah hilang dan tidak tidak diketahui keberadaannya.

2. Ke sekolah penerbit ijazah

Setelah berhasil mendapatkan surat keterangan kehilangan ijazah dari polsek setempat Anda harus membawa surat tersebut ke sekolah penerbit ijazah. Pada umumnya kepengurusan kehilangan ijazah tersebut berada di ruang tata usaha. Daftar dokumen pelengkap yang harus anda bawa ke sekolah penerbit ijazah tersebut adalah

  • Materai Rp 10.000 2 buah
  • Pas foto 3×4 2 lembar
  • Fotokopi ijazah
  • Surat keterangan hilang dari polsek

Setelah anda membawa seluruh persyaratan, bagian tata usaha akan mengecek apakah anda benar siswa lulusan dari sekolah tersebut atau bukan. Apabila benar akan diterbitkan surat keterangan pendamping ijazah (SKPI). Surat tersebut juga harus ditandatangani oleh eh pejabat yang berwenang yaitu kepala sekolah.

Sama seperti ijazah SKPI jika membutuhkan cap tiga jari pada foto 3 * 4 dan legalisir dari pihak tata usaha. Untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan akan sangat baik jika anda langsung memfotokopi dokumen skpi tersebut dan meminta legalisir langsung dari pihak tata usaha.

3. Ke kantor dinas pendidikan

Anda diharuskan pergi ke Dinas pendidikan Kabupaten atau kota setempat karena pada kolom paling bawah skpi tersebut ada tanda tangan pejabat dinas pendidikan yang berwenang. Untuk mendapatkan tanda tangan tersebut Anda diharuskan membawa beberapa dokumen. Berikut dokumen yang wajib Anda bahwa untuk bisa mengurus ulang ijazah hilang.

  • Surat pertanggungjawaban mutlak yang ditandatangani di atas materai Rp 10.000 dan disuruh kopi sebanyak 2 lembar
  • Surat pernyataan saksi yang ditangani oleh dua rekan seangkatan anda di atas materai Rp 10.000
  • Fotokopi ijazah saksi yang telah dilegalisir sekolah beserta fotokopi KTP sebanyak 2 lembar
  • Surat kehilangan dari polsek beserta hasil fotokopian sebanyak 2 lembar.
  • Fotokopi KTP sebanyak 2 lembar
  • Fotokopi ijazah yang telah dilegalisir oleh tata usaha sekolah awal sebanyak 2 lembar

Kecepatan kepengurusan di Dinas pendidikan setempat ini tergantung dengan ada atau tidaknya pejabat berwenang. Jika pejabat berwenang tersebut sedang berada di lokasi maka surat tersebut bisa diurus dalam jangka waktu hanya 1 hari. Apabila sedang dinas di luar, Anda harus mengambil ulang SKPI tersebut setelah pejabat yang bersangkutan pulang dinas.

Apabila sudah berhasil mendapatkan tanda tangan dari kantor dinas pendidikan berarti SKPI sudah resmi berlaku dan memiliki nilai yang sama pentingnya dengan ijazah asli yang diberikan sekolah ketika lulus. Sehingga harus disimpan dengan sebaik mungkin jangan sampai kehilangan. Cara di atas hanya berlaku jika ijazah Anda hilang namun masih memiliki fotocopy dari ijazah tersebut sendiri.

Apabila ijazah hilang tersebut tidak memiliki fotokopi sama sekali, namun hilang karena adanya bencana. Apakah pihak terkait bisa memakluminya, dan bisa berusaha membuat SKPI tanpa adanya fotokopi ijazah lama. Namun apabila hilang karena keteledoran yang Anda lakukan, proses pengurusan SKPI akan cukup membutuhkan waktu.

Leave a Comment