Cara Daftar Kartu Prakerja dan Alasan Mengapa Tidak Lulus

26843e77 8715 40a6 B951 E09ad54a6f45
Kartu Prakerja

Salah satu upaya dari pemerintah untuk menangani banyaknya pengangguran di tanah air adlaah dengan program Kartu Prakerja. Program ini sudah mencapai gelombang 23 dan sudah mengucurkan dana untuk dijadikan modal oleh mereka yang lolos dan sudah melakukan pelatihan. Nah berikut ini adalah cara untuk pendaftaran Kartu Prakerja yang mungkin kamu minati.

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja

Tidak semua pendaftaran berakhir dengan kelulusan dan diterima. Kamu juga bisa saja gagal atau ditolak untuk mengikuti program ini. Nah sebelum kamu melakukan pendaftaran, kamu bisa terlebih dahulu membaca syarat pendaftaran Kartu Prakerja agar kamu memahami apa alasanmu ditolak atau gagal dalam pendaftarannya. Calon peserta merupakan:

  1. Semua warga Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas dan non-pelajar
  2. Calon peserta bukan merupakan:
  • Pejabat negara
  • Pimpinan dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD),
  • Aparatur Sipil Negara (ASN)
  • Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI)
  • Anggota kepolisian negara republik Indonesia,
  • Kepala desa dan perangkat desa
  • Direksi, komisaris dan dewan pengawas Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau badan usaha milik daerah (BUMD).

Cara Pendaftaran Kartu Prakerja

Cara daftar Kartu Prakerja pun sangat mudah bagi para peserta. Kamu bisa melakukan pendaftarrannya melalui smartphone mu atau melaui laptop dengan modal akses internet. Nah berikut langkah lengkapnya untuk pendaftaran.

  1. Pertama, kunjungi portal https://www.prakerja.go.id untuk membuat akun terlebih dahulu
  2. Masukkan email dan juga buat password yang terdiri dari minimal 6 karakter, kemudian konfirmasi password kamu 
  3. Setelahnya, klik “Daftar” dan segera buka email kamu. Kamu akan mendapatkan verifikasi akun di email yang sebelumnya kamu daftarkan.
  4. Klik link yang telah dikirim untuk dilakukan verifikasi. Setelah ini, akun Kartu Prakerja kamu pun sudah aktif untuk digunakan.
  5. Setelah sukses membuat akun Kartu Prakerja, lanjutkan pendaftaran Kartu Prakerja.
  6. Langkah pertama, login dengan akun yang telah kamu buat tadi
  7. Masuk ke bagian Dashboard
  8. Isi verifikasi KTP kemudian isi data diri beserta unggahan foto KTP dan swafoto dengan KTP mu
  9. Selanjutnya kamu harus verifikasi nomor telepon, pastikan mengisi nomor dengan tepat kemudian verifikasi telepon dan klik “Kirim”.
  10. Setelah verifikasi KTP dan nomor ponsel serta isi data diri dan deklarasi survei, selanjutnya kamu akan mengerjakan melakukan tes.
  11. Setelah tes, kamu bisa mengikuti seleksi batch dengan memilih batch yang kamu inginkan yang disesuaikan dengan domisili.
  12. Pendaftaran pun selesai sampai di tahap itu. Langkah berikutnya kamu hanya perlu menunggu proses evaluasi pendaftaran. Pengumuman kelulusan akan kamu terima melalui SMS dan email.

Itulah cara untuk membuat akun dan jugua melakukan pendaftaran Kartu Prakerja. Namun apabila kamu sudah memenui syarat diatas dan sukses melakukan pendaftaran namun tetap tidak lolos seleksi Kartu Prakerja, maka ada kemungkinan lainnya yakni sebagai berikut:

  1. Kamu sudah pernah lolos di gelombang sebelumnya, program ini hanya bisa diikuti satu kali seumur hidup
  2. Masih terdaftar sebagai peserta aktif sekolah atau kuliah
  3. Pernah menerima bantuan sosial (bansos) lainnya dari kementerian atau lembaga terkait

Jika ketiga alasan diatas bukan menjadi alasannya, kamu bisa mengeceknya di dashboard yakni dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Kunjungi dan Login ke akun Prakerja
  2. Klik “Riwayat Gelombang”
  3. Akan muncul daftar riwayat gelombang peserta yang pernah diikuti, piih gelombang mana yang hendak kamu cek alasannya
  4. Dalam informasi tersebut akan muncul mulai dari tanggal gelombang, status gagal tidaknya serta alasan yang diberikan jika kamu gagal dalam gelombang tersebut.

Itulah beberapa informasi penting seputar pendaftaran program Kartu Prakerja hingga alasan apabila kamu gagal dalam proses pendaftarannya. Sebagai saran, pahami dengan baik mengapa kamu gagal untuk program tersebut. Setelah itu perbaiki untuk mengikuti gelombang berikutnya. Pasalnya kamu masih berhak melakukan pendaftaran hingga sukses terdaftar.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk menjawab rasa ingin tahu kamu atau menjawab keinginan kamu yang berminat untuk mendaftar dalam program pemerintah ini. Semoga kamu sukses melakukan pendaftaran dan berhasil mendapatkan keterampilan baru yang akan bermanfaat untuk mengembangkan karir kamu. Semoga sukses.

Leave a Comment