Apa Itu DTKS Kemensos dan Bagaimana Cara Daftarnya?

0d495317 956c 45bc Ad2c 21311c6e7460
Situs DTKS Kemensos

Upaya pemerintah untuk mensejahterakan rakyatnya terutama di masa pandemi ini terus berjalan. Salah satu dari program pemerintah tersebut adalah DTKS Kemensos. Program ini dijalankan khusus untuk mereka yang terkena dampak dari pandemi Covid 19 meskipun mungkin sebelumnya juga sudah pernah menerima bantuan serupa. Berikut informasi lengkapnya.

Apa Itu DTKS Kemensos

DTKS sendiri merupakan singkatan dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang mana data tersebut berisi daftar keluarga yang terkena dampak adanya PPKM sebagai upaya pemerintah untuk menangani pandemi Covid 19. DTKS ini sendiri berubah sesuai dengan fakta lapangan. Apalagi beberapa daerah sudah melepaskan diri dari status PPKM.

DTKS ini sendiri meliputi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Penerima Bantuan dan Pemberdaan Sosial dan juga Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS). 40% penduduk dengan status kesejahteraan sosial terendah dan terdaftar dalam DTKS akan menerima BST dan PKH dari pemerintah sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sedangkan keluarga yang akan menerima bantuan berdasarkan dari DTKS Kemensos ini adalah keluarga yang terdampak dan tinggal di wilayah PPKM level 4. Namun apabila data tersebut belum berubah, maka diberikan kesempatan untuk melakukan pendaftaran sebagai warga yang terdampak dari efek pandemi COVID 19 ini.

Cara Mengecek Penerima DTKS Kemensos

Sebelum mencari tahu cara untuk mendaftar DTKS Kemensos sebagai penerima BST maupun PKH ini, ada baiknya bila kita mengecek terlebih dahulu apakah sudah terdaftar dalam daftar DTKS ini. Berikut cara mudah untuk mengecek data di DTKS Kemensos.

  1. Buka situs cekbansos.kemensos.go.id
  2. Akan muncul formulir, masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan sesuai dengan data di KTP
  3. Selanjutnya nasukkan nama Penerima Manfaat sesuai dengan KTP
  4. Selanjutnya selesaikan CAPTCHA atau ketikkan 8 huruf kode dengan dipisah spasi yang tertera dalam kotak kode
  5. Klik Cari Data
  6. Apabila terdaftar sebagai penerima bansos yang berdasar pada DTKS Kemensos, maka akan muncul data Penerima Manfaat. Namun bila tidak muncul artinya nama yang dicari datanya belum terdaftar.

Apabila belum terdaftar sebagai penerima bantuan dari Kemensos namun benar membutuhkan bantuannya, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa membantu dengan langsung mendaftarkan ke DTKS Kemensos dengan proses pendaftaran berikut ini. Memang prosesnya cukup panjang, namun hasil yang diperoleh akan sangat membantu.

Cara Daftar DTKS Kemensos

  1. Calon penerima DTKS Kemensos haruslah merupakan masyarakat yang membutuhkan (fakir miskin).
  2. Daftarkan diri ke Desa/Kelurahan setempat dengan membawa KTP dan KK
  3. Setelah data masuk, maka selanjutnya akan dilakukan Musyawarah di tingkat Desa/Kelurahan untuk mendiskusikan kelayakan kondisi warga untuk masuk ke dalam DTKS
  4. Kemudian hasil dari diskusi dan musyawarah akan ditampilkan Berita Acara dengan ditandatangani oleh Kepala Desa/Lurah dan perangkat desa lainnya
  5. Berita Acara tersebut akan digunakan oleh Dinas Sosial untuk verifikasi dan validasi data beserta instrumen lengkap yang dilanjutkan dengan kunjungan rumah tangga
  6. Data yang telah diverifikasi dan validasi kemudian dimasukkan ke aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS) oleh Operator Desa/Kecamatan
  7. Data tersebut akan diproses oleh Dinas Sosial untuk verifikasi dan validasi lapor kepada Bupati/Walikota
  8. Bupati ataupun Walikota akan menyampaikan hasil verifikasi dan validasi Data yang telah disahkan kepada Gubernur yang mana nantiny akan dilanjutkan kepada Menteri

Kategori Bantuan Yang Akan Diterima dari DTKS Kemensos

DTKS Kemensos akan memberikan bantuan PKH dalam beberapa kategori. Kategori pertama untuk ibu hamil akan mendapatkan dana sebesar Rp 3 juta per tahun. Sedangkan untuk anak usia dini akan menerima bantuan dana sebesar Rp 3 juta per tahun. Kategori berikutnya adalah anak SMP yang akan menerima dana bantuan sebesar Rp 1,5 juta per tahun.

Katergori usia SMA akan menerima bantuan dana sebesar Rp 2 juta per tahun, serta penyandang disabilitas serta lansia juga akan berhak mendapatkan dana bantuan PKH sebesar Rp 2,4 juta per tahunnya. Oleh karena itulah, apabila diketahui mereka yang berhak menerima bantuan namun belum menerimanya, bisa segera mendaftarkan diri untuk DTKS Kemensos.

Leave a Comment