Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Table of Content

Cara Cek BLT Dana Desa Online Terbaru 2022

BLT (Bantuan Langsung Tunai) merupakan salah satu program bantuan dari pemerintah yang diberikan kepada masyarakat selama masa pandemi. Dana BLT ini berasal dari anggaran Dana Desa yang sebagiannya dialihkan untuk jaring pengaman sosial. Simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahui cara cek BLT Dana Desa Online.

Tujuan Penyaluran BLT Dana Desa

Cara cek BLT dana desa online

Pada dasarnya, BLT Dana desa ini bertujuan untuk membantu pemulihan ekonomi dalam skala nasional. Penggunaan Anggaran Dana Desa untuk BLT diharapkan dapat menjangkau masyarakat desa sejak tahun 2020 dengan realisasi dana yang berhasil tersalurkan sebesar Rp 23,74 triliun. 

Terhitung sejak April 2020, selama tiga bulan pertama terdata BLT ini memiliki penerima manfaat sejumlah 8,0 juta keluarga dengan besaran bantuan Rp 600.000 di awal dan Rp 300.000 per bulan untuk periode enam bulan berikutnya. BLT sebagai dana bantuan ini diperuntukkan untuk petani, pedagang, nelayan, pedagang, pelaku usaha UMKM, buruh, dan juga guru.

Tujuan utama dari penyaluran BLT Dana Desa ini adalah untuk membantu masyarakat miskin dan miskin ekstrem dari segi ekonomi akibat terdampak pandemi Covid-19, terutama untuk masyarakat yang terpaksa kehilangan pekerjaannya karena mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Untuk itu, BLT dihadirkan dengan harapan dapat membangkitkan masyarakat miskin dari keterpurukan ekonomi. 

Melalui bantuan uang tunai yang diberikan setidaknya masyarakat yang membutuhkan atau penerima bantuan BLT ini memiliki pemasukan yang dapat dimanfaatkan untuk membeli dan memenuhi kebutuhan pokok atau dapat dijadikan sebagai tambahan modal usaha. 

Sehingga bantuan uang tunai yang diberikan dapat dikembangkan menjadi sumber pemasukan keluarga yang tidak langsung habis dalam sekali penggunaan. Selain itu, BLT dana desa ini juga dapat membantu menekan angka kemiskinan di suatu desa, serta dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

Syarat Penerima BLT Dana Desa

Syarat penerima BLT dana desa

Berikut beberapa syarat menjadi penerima manfaat dana bantuan BLT Dana Desa:

  1. Belum terdata sebagai penerima BLT Dana Desa.
  2. Memiliki data NIK KTP sesuai dengan domisili di desa setempat.
  3. Masyarakat yang berasal dari keluarga miskin atau pra sejahtera di lingkungan desa setempat dengan minimum pendapatan kurang dari Rp 500.000 per bulan.
  4. Keluarga yang tidak memiliki pendapatan tetap atau kehilangan pekerjaan akibat pandemi covid-19.
  5. Keluarga yang belum tersentuh jenis bantuan lainnya seperti PKH, Kartu Pra Kerja, BST maupun BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai).
  6. Memiliki anggota keluarga yang sedang mengalami sakit kronis menahun.

Pendaftaran BLT Dana Desa

Untuk menjadi penerima manfaat BLT Dana Desa, Anda harus memenuhi mekanisme pendaftarannya sebagai berikut:

  1. Mengikuti pendaftaran yang dilakukan oleh Relawan Desa Lawan Covid-19 yang berada di lingkungan RT, RW, maupun desa. Nantinya data yang telah Anda lengkapi akan diteruskan ke Musdesus (Musyawarah Desa Khusus) untuk menentukan lolos atau tidaknya Anda sebagai calon penerima bantuan dana desa.
  2. Jika calon penerima bantuan tersebut telah terpilih atau ditetapkan, maka langkah selanjutnya adalah verifikasi data yang bertujuan untuk memastikan kesesuaian data dengan dokumen yang ada dan dimasukkan ke dalam berita acara untuk lanjut ke tahapan berikutnya.
  3. Apabila hasil verifikasi telah tersedia, maka proses selanjutnya adalah pengesahan oleh kepala desa setempat.
  4. Kemudian, pelaporan dokumen atau berkas pendataan dari kepala desa kepada camat setempat untuk disahkan.
  5. Selanjutnya, penerusan laporan dokumen dari camat ke bupati atau walikota.
  6. Setelah itu, kepala desa akan memberikan surat pemberitahuan kepada penerima manfaat BLT dana desa yang terpilih dan menyediakan posko pelayanan untuk membantu apabila penerima manfaat mendapat kendala dalam proses pencairan.

Cara Cek BLT Dana Desa secara Online

Cara cek BLT dana desa online

Bagi Anda yang ingin mengetahui apakah Anda terdaftar sebagai penerima manfaat BLT dana desa maka dapat mengikuti alur pengecekan sebagai berikut cukup hanya dengan menggunakan ponsel yang memiliki jaringan internet:

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi laman situs resmi sid.kemendesa.go.id.
  2. Jika sudah berhasil terhubung dengan laman tersebut, Anda dapat meneruskan proses pencarian data desa dengan memasukkan nama desa yang Anda inginkan pada kolom pencarian.
  3. Ketik nama desa pada kolom yang tersedia dan klik enter.
  4. Setelah itu, akan muncul nama desa yang Anda inginkan. 
  5. Pilih bagian menu BLT Dana Desa, klik.
  6. Terakhir, Anda akan mendapatkan akses untuk melihat daftar penerima BLT Dana Desa yang Anda cari pada halaman tersebut.

Apabila Anda menemukan nama Anda sebagai penerima manfaat BLT dana desa, biasanya Anda akan menerima surat undangan atau pemberitahuan dari kantor kelurahan desa secara otomatis yang memuat waktu dan tempat yang dituju untuk proses pencairan atau pengambilan bantuan uang tunai dari BLT dana desa.

Untuk melakukan proses pengambilan atau pencairan bantuan, Anda juga harus menyertakan dokumen-dokumen yang telah Anda lampirkan sebelumnya ketika pendaftaran dalam bentuk fisik, seperti, surat undangan / pemberitahuan, KTP elektronik (E-KTP), dan Kartu keluarga (KK) baik yang asli maupun fotokopinya. Untuk itu, pastikan Anda telah menyiapkan berkas atau dokumen-dokumen tersebut dengan baik sebelum mendatangi kantor kelurahan setempat.

Itulah cara cek BLT dana desa online yang dapat Anda praktekkan dengan mudah dan efektif. Informasi mengenai cara cek BLT dana desa ini terbilang penting, mengingat masih banyaknya masyarakat yang belum mengetahui akan adanya program bantuan desa ini. 

Ditambah dengan kemudahan melakukan proses pengecekan secara online, tentunya diharapkan akan semakin membantu masyarakat  untuk melakukan proses pengecekan secara mandiri. Semoga bermanfaat.

Sumber: https://blog.ub.ac.id/evaluasi/

Post a Comment