Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Table of Content

Panduan E-Form BRI UMKM Terbaru Mei 2022

BLT UMKM merupakan salah satu bentuk bantuan sosial dari pemerintah untuk membantu masyarakat luas dalam menghadapi adanya tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Penyaluran bantuan tersebut akan dilakukan oleh Kemenkop UKM.

Panduan E-Form BRI UMKM Terbaru Mei 2022
Panduan E-Form BRI UMKM Terbaru Mei 2022

Bagi masyarakat yang mendapatkan bantuan tersebut, maka NIK yang dimiliki akan terdaftar di e-form BRI UMKM sebagai salah satu dari 20 aplikasi terpopuler di Indonesia. Jika tidak ada, maka berarti tidak mendapatkan bantuan yang dimaksud. Anda bisa mengeceknya sendiri langsung melalui e-form tersebut.

Bantuan Langsung Tunai UMKM

BLT UMKM menjadi bantuan yang sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat luas. Sebab, dengan bantuan tersebut maka masyarakat bisa sedikit terbantu perekonomiannya karena terdampak pandemi Covid-19. Kabarnya, bantuan tersebut cair pada bulan Mei 2022.

Untuk mengecek apakah Anda merupakan salah satu penerima BLT UMKM tersebut atau tidak, maka ada baiknya langsung menuju e-form BRI UMKM. Cek laman tersebut menggunakan koneksi internet yang bagus. Adapun jumlah bantuan yang diberikan tersebut senilai Rp1.200.000.

Setidaknya, sudah sebanyak 12,8 juta pelaku UMKM mendapatkan bantuan tersebut. BLT UMKM diberikan sebagai modal usaha kepada si penerima. Dengan demikian, diharapkan bantuan dari pemerintah ini bisa benar-benar membantu.

Syarat Untuk Mendapatkan BLT UMKM

Syarat Untuk Mendapatkan Blt Umkm
Syarat Untuk Mendapatkan Blt Umkm

Bantuan UMKM pemerintah kepada masyarakat tentu tidak diberikan secara cuma-cuma. Ada beberapa persyaratan yang menjadi tolak ukur bahwa calon penerima tersebut benar-benar layak diberikan bantuan UMKM. Beberapa persyaratan tersebut, di antaranya:

  • Merupakan penerima maupun pemilik UMKM dan merupakan WNI yang dibuktikan oleh NIK.
  • Pelaku usaha yang akan mendaftarkan diri harus mempunyai usaha menengah, kecil, atau mikro.
  • Pelaku UMKM tidak boleh berasal dari TNI, Polri, ASN baik itu PNS maupun PPPK, serta karyawan BUMN atau BUMD.
  • Usaha yang tengah dijalankan tidak sedang mendapatkan bantuan KUR maupun pinjaman dari bank manapun.
  • Apabila alamat KTP dari pemilik UMKM berbeda dengan lokasi usaha, maka sebaiknya menyiapkan terlebih dahulu SKU yang diterbitkan oleh pihak berwajib. Syarat ini wajib dilampirkan sebagai bukti konkrit pelaku atau pemilik usaha.

Cara Cek Penerima BLT UMKM Lewat E-Form BRI

Mungkin Anda penasaran apakah sudah terdaftar sebagai penerima BLT UMKM tersebut atau belum. Daripada bingung, sebaiknya langsung saja cari tahu bagaimana cara cek penerima bantuan tersebut lewat e-form BRI UMKM.

  • Buka halaman website https://eform.bri.co.id/.
  • Jika sudah berhasil masuk ke halaman tersebut, berikutnya Anda bisa memasukkan NIK Anda.
Jika Sudah Berhasil Masuk Ke Halaman Tersebut, Berikutnya Anda Bisa Memasukkan nik anda.
Jika Sudah Berhasil Masuk Ke Halaman Tersebut, Berikutnya Anda Bisa Memasukkan nik anda.
  • Lanjutkan dengan menginput kode verifikasi yang muncul pada layar e-form tersebut.
  • Selanjutnya, Anda bisa mengetuk opsi Proses Inquiry.
  • Kemudian akan muncul notifikasi pemberitahuan terdaftar maupun tidak sebagai penerima BPUM tahun 2022.

Jika nama Anda tercantum sebagai penerima BLT UMKM tersebut, maka sebaiknya dapat langsung menghubungi Kacab BRI terdekat di kota Anda. Nantinya, Anda akan diminta untuk melengkapi sejumlah dokumen pencairan dan membawa KTP asli.

Cara Cek Penerima BLT UMKM Melalui Laman Dinas PPKUMK DKI Jakarta

Cara Cek Penerima Blt Umkm Melalui Laman Dinas Ppkumk Dki Jakarta
Cara Cek Penerima Blt Umkm Melalui Laman Dinas Ppkumk Dki Jakarta

Bagi warga masyarakat ibukota yang ingin mengetahui status penerima bantuan UMKM, sebaiknya langsung melihat ke laman Dinas PPKUMK DKI Jakarta. Anda bisa langsung mengunjungi halaman Pencairan BPUM.

Halaman website tersebut dibuat oleh Dinas Perindustrian PPKUKM Provinsi DKI Jakarta. Jika memang Anda terdaftar sebagai penerima BLT UMKM, sebaiknya segera menghubungi BRI terdekat sambil membawa KTP asli. 

Perlu diketahui bahwa halaman web ini hanya ditujukan bagi masyarakat ibukota saja.

Mengapa Nama Tidak Terdaftar sebagai Penerima BLT UMKM?

Mengapa Nama Tidak Terdaftar Sebagai Penerima Blt Umkm?
Mengapa Nama Tidak Terdaftar Sebagai Penerima Blt Umkm?

Jika Anda sudah mengecek di e-form BRI dan ternyata nama Anda belum terdaftar, maka tidak perlu cemas terlebih dahulu. Ada sejumlah penyebab mengapa nama dan NIK Anda tidak terdaftar sebagai penerima BLT UMKM.

  • Bisa jadi nama Anda memang tidak terdaftar di BRI. Akan tetapi, bank lain yang juga bekerjasama dengan pemerintah sebagai penyalur BLT UMKM yaitu BNI.
  • Anda tidak mempunyai usaha mikro yang dibuktikan dengan surat usulan sebagai calon penerima BLT UMKM.
  • Sebelumnya sudah pernah mendapatkan BLT UMKM. Dengan demikian, tidak berhak kembali mendapatkan BLT UMKM.
  • Tidak mempunyai NIB maupun SKU.
  • Sudah menjabat sebagai ASN, baik itu PNS maupun PPPK.
  • Merupakan anggota Polri atau TNI.
  • Merupakan pegawai BUMN maupun BUMD.
  • Sedang memperoleh fasilitas KUR maupun pinjaman dari bank manapun. Tentu jika sudah begini Anda tidak bisa menerima BLT UMKM lagi.
  • Belum mendaftar sebagai calon penerima BPUM, baik sendiri maupun melalui RT setempat.

Dengan demikian, jika salah satu diantara daftar alasan tersebut sesuai dengan apa yang Anda alami, maka nama Anda benar tidak akan terdaftar sebagai penerima BLT UMKM senilai Rp1.200.000. Jika memang belum mendaftar, maka segeralah mendaftarkan segera.

Ketika Anda mendapatkan bantuan UMKM dari pemerintah sebesar Rp1.200.000 maka sebaiknya manfaatkan dengan baik dan bijak. Kiranya bisa terus memutar roda perekonomian sehingga tidak akan defisit saat menghadapi pandemi Covid-19.

Post a Comment